Elang

Elang merupakan salah satu predator yang tangguh di alam ini. diketahui ada banyak jenis elang tersebar di berbagai tempat di bumi ini.

Elang Harpy/ Harpa (Harpia harpyja)
Orang-orang yang pertama kali menjelajahi Amerika Selatan pasti terpesona kala melihat burung yang sangat besar ini. Begitu terkesannya mereka sampai-sampai menamainya menurut nama monster burung berkepala wanita yang menakutkan dalam mitologi Yunani—harpy.
Dewasa ini, rupa elang harpa (harpy eagle) yang menarik masih membuat orang terpesona. Dengan ketinggian 91 sentimeter dan bentangan sayapnya mencapai 2 meter, burung di hutan hujan Amerika Tengah dan Selatan ini adalah salah satu elang paling besar dan kuat di dunia. Betinanya lebih besar daripada jantannya, dan bobotnya bisa mencapai sembilan kilogram. Sepadan dengan ukuran tubuhnya, elang harpa mempunyai cakar yang sangat kuat yang panjangnya hingga 13 sentimeter, dua kali panjang cakar elang botak. Menurut National Geographic Today, begitu kuatnya cakar elang harpa sampai-sampai bisa meremukkan ”tulang sipemalas (kuskus), monyet, dan mangsa lain yang berukuran sedang yang direnggut si elang dari dahan-dahan di puncak pohon-pohon hutan hujan, si korban sering kali langsung tewas”. Namun, kendati tubuhnya besar dan senjatanya luar biasa, elang harpa bisa melayang dengan senyap di atas kepala kita tanpa menarik perhatian.(http://wol.jw.org/id/wol/d/r25/lp-in/102009172)

Elang Emas (Aquila chrysaetos, Linnaeus, 1758)
adalah salah satu burung elang yang berada di Belahan Utara. Seperti semua elang, elang ini masuk kedalam famili Accipitridae. Elang ini menyebar di Amerika Utara, Eropa dan Asia. Burung ini memiliki panjang tubuh lebih dari 1 meter. Burung ini menjadi lambang nasional Mesir, Meksiko dan banyak negara lainnya di dunia.
Elang dewasa dari spesies ini biasanya memiliki warna putih pada ekor dan sering memiliki tanda putih pada sayap. Elang emas menggunakan kelincahan dan kecepatan dikombinasikan dengan kaki yang kuat dan, cakar tajam besar mereka untuk merebut berbagai mangsa (terutama kelinci, kelinci, marmut dan lainnya tupai tanah). spesies ini masih ada di mana-mana, yang hadir di Eurasia, Amerika Utara, dan bagian dari Afrika Utara. Ini adalah yang terbesar dan paling padat penduduknya dari lima spesies accipitrid benar terjadi sebagai spesies berkembang biak baik di Palearctic danNearctic.
Elang Ekor Putih (Haliaeetus albicilla)
Juga disebut elang laut, Erne (kadang-kadang Ern, Orn), dan Elang Laut Ekor Putih - adalah besar burung pemangsa di keluarga Accipitridae yang mencakup raptor lain seperti sebagaielang , layang-layang , dan Harrier . Elang ini dianggap sebagai sepupu dekat dari elang botak dan menempati sama relung ekologi , tapi di Eurasia

Sebenarnya masih banyak lagi jenis-jenis elang tapi nanti kita lanjutkan di postingan berikutnya.

Ok trims. Salam




Tidak ada komentar:

Posting Komentar