Sejarah Beruang

20 juta tahun lalu di daratan Eurasia adalah awal dari kehidupan beruang, beruang pertama yang masih sebesar anjing yang harus hidup di atas pohon untuk menghindari para predator darat yang kuat seperti Srigala dan Singa. Pada 15 juta tahun yang lalu nenek moyang beruang menurunkan 2 jenis beruang, yaitu: Beruang bermuka pesek dan Panda Raksasa yang memisahkan diri pergi ke Asia dan hidup di hutan-hutan wilayah China dan mencari wilayah hidup masing-masing, sambil mengembangkan keahlian berburu di darat.
Beruang Muka Pendek
Beruang Muka Pendek melakukan perjalanan menyeberangi jembatan Beringia yang menghubungkan Eurasia dan Amerika Utara. Tapi sejak tenggelamnya jembatan Beringia akibat es di kutub utara yang meleleh membuat Beruang Muka Pesek terbagi dua satu terjebak di daratan baru yaitu di Amerika Utara dan satu lagi bertahan di daratan Eurasia.
Beruang Muka Pesek yang di daratan Eurasia berevolusi menjadi Beruang Hitam dan Beruang Coklat. Suatu ketika suhu Bumi menjadi semakin dingin jembatan Bering terbuka kembali dan Beruang Coklat menyeberang ke Amerika Utara. Tapi Amerika Utara yang suidah didominasi keturunan Beruang muka pendek yang berukuran raksasa (sekitar 3-4 meter) bertarung dan mengusir Beruang Coklat untuk kembali ke Eurasia.
Beruang Coklat
Sekitar 21 ribu tahun yang lalu, Beruang Coklat kembali memasuki Amerika Utara, tapi kali ini Beruang Coklat menang bersaing dengan Beruang Muka Pendek, bahkan Beruang Muka Pendek akhirnya punah di Amerika Utara. Sedangkan Beruang Coklat di Amerika Utara berevolusi menjadi Beruang Grizzly. Beruang Grizzly sebenarnya adalah beruang coklat, tapi beruang coklat yang berukuran raksasa, sekitar 2 meter tingginya. Sedangkan yang melanjutkan perjalanan sampai ke kutub Utara, Arctic, berevolusi menjadi Polar Bear atau Beruang Es, atau Beruang Kutub, yang beradaptasi mengubah warna bulunya menjadi seputih es.
Polar Bear
Beruang Kutub atau Polar Bear berukuran sangat besar bisa mencapai tinggi 3 meter. Polar Bear adalah carnivora sejati karena hanya
memakan daging, yang diburunya seperti anjing laut. singa laut bahkan ikan paus.
Beruang Coklat sendiri menurunkan beberapa sub species Beruang Coklat, seperti Eurasian Brown Bear,Himalayan Brown Bear dan Marsican Brown Bear, juga tersebar ke wilayah Asia, yang dikenal dengan Beruang Coklat.
Sloth Bear atau Beruang Kukang
Di Eurasia Beruang Hitam menyebar sampai ke Asia, dan sebagian berevolusi menjadi Sloth Bear atau Beruang Kukang. Gi taring memendek, tapi lidah memanjang guna mengambil madu atau sarang rayap, yang menjadi makanan kesukaan Beruang Kukang. Disebut Kukang, mungkin karena jari dan kukunya menyerupai jari dan kuku binatang Kukang




Beruang Hitam
Beruang Hitam saat ini banyak hidup di Asia, bahkan sampai di wilayah Asia Tenggara, seperti Kalimantan dan Sumatra, Indonesia,  hanya saja ukurannya lebih kecil.
Golar Bear
Sedangkan di Kutub Utara terjadi suatu evolusi alam, persilangan alami antara Beruang Grizzly dan beruang Polar atau Beruang Es (Polar Bear), yang disebut Golar, dan Golar ini menjadi suatu species tersendiri.

Wolverine
Red Panda
Masih ada keluarga beruang lainnya seperti Wolverine yang mirip Beruang kecil dan juga mirip dengan Musang serta satu lagi keluarga Beruang, yaitu Red Panda (Ailurus fulgens) tapi diduga berasal dari nenek moyang yang berbeda.


Add caption
Ada lagi yang berperawakan seperti beruang, tapi berukuran kecil, yaitu Koala yang hanya hidup di Australia bertingkah laku mirip beruang panda, tapi mungkin species ini sangat jauh kekerabatannya dengan Beruang.


2 komentar: