Beruang


Beruang dari keluarga (family) Ursidae, terdiri dari 7 genera (genus), yaitu:
  1. Ailuropoda
  2. Ailurus
  3. Helarctos
  4. Melursus
  5. Ursus
  6. Tremarctos
  7. Arctodus (punah)

Beruang, adalah binatang buas jenis Ursus, berbulu tebal, dapat berdiri di atas kedua kakinya, bercakar, dan bermoncong panjang .Atau dalam (Inggris: bear) yang berasal dari Bahasa Inggris kuno yaitu bera.Dalam nama ilmiahnya Ursidae. Ursidae sendiri berasal dari dua kata yaitu ursus dan idae. Ursus berasal dari bahasa latin ursus yang berarti beruang, dan idae berasal dari bahasa Yunani kuno Eidos (Yunani: εἶδος).

Ailuropoda
Ailuropoda melanoleuca
Ailurospesies poda hanya terdiri dari satu spesies yang masih ada Ailuropoda melanoleuca yang dikenal dengan nama Panda.Meskipun dalam taksonomi diklasifikasikan sebagai carnivora, panda memilikimakanan sebagian besar sebagai herbivora, yang terdiri secara eksklusif dari bambu.

Panda raksasa diyaskinihadir adapada akhir Miosen.
Pada tahun 2011 fosil gigi dari lebih 11 mya ditemukan di semenanjung Iberia diidentifikasi sebagai milik yang sebelumnya tak dikenal di Ailuropodinae.Spesies ini bernama Agriarctos beatrix (sekarang Kretzoiarctos ).

Species:


Ailurus

Species ini dikenal sebagai Red Panda, Panda Lesser dan Red Cat-beruang, Saat ini populasinya tidak dalam kondisi terancam.
Distribusi Ailurus  di alam yang kurang dikenal, namun diketahui termasuk Nepal, India, Bhutan, Myanmar, dan China selatan, dengan populasi disjunct di Meghalaya Plateau dari India timur laut (Choudhury 2001). Batas barat dari spesies ini adalah dari Annapurana Rentang di Nepal, dan paling timur adalah dari Qing Ling Pegunungan Provinsi Shaanxi di Cina. Kisaran distribusi spesies ini harus dipertimbangkan disjunct, daripada terus menerus (Roberts dan Gittleman 1984). Hal ini ditemukan dari bagian selatan Gaoligong Shan di perbatasan Myanmar-Cina (25ºN), untuk Minshan Mountains dan atas Min Valley, Sichuan (33ºN) (Ellerman dan Morrison-Scott tahun 1966, Macdonald 1984 Corbet dan Hill 1992, Choudhury 1997). Meskipun Roberts dan Gittleman (1984) mencatat sebagai terjadi hanya di atas 2.200 m, dapat ditemukan dari 1.500 ke 4.800 m, dan di Meghalaya Plateau ditemukan dari 700 ke 1.400 m (Choudhury 1997), kadang-kadang serendah 200 m (Surajit Roy pers. comm.).Pradhan et al. (2001) menemukan bahwa spesies ini kisaran ketinggian disukai di Singhalila National Park di timur Himalaya adalah 2.800 untuk 3.100 m, dan itu relatif lebih berlimpah antara 2.800 sampai 3.600 m.

Di Cina, Panda Merah ditemukan di Minshan, Qionglai, Liangshan, Bigger Xiangling, dan Lesser Xiangling Pegunungan di barat Sichuan, Cina (Wei et al .1999a, 1999b, 2000), tetapi mantan pernyataan terjadinya di Yunnan jauh selatan, di Xishuangbanna (misalnya Wang Yingxiang 1987) belum dikuatkan (misalnya Wei Fuwen et al. 1998).Hal ini diyakini telah punah dari sisa jangkauan sejarah di Cina, misalnya Guizhou, Gansu, Shaanxi, dan provinsi Qinghai (Wei et al. 1999).


Helarctos
Beruang dari genus Hlarctos biasa disebut beruang madu merupakan jenis beruang kecil. Beruang ini adalah fauna khas pulau Sumatra,yg terdapat di provinsi Bengkulu dan sebagai simbol dari provinsi tersebut.Beruang madu juga merupakan maskot dari kota Balikpapan. Beruang madu di Balikpapan dikonservasi di sebuah hutan lindung bernama Hutan Lindung Sungai Wain.
Panjang tubuhnya 1,40 m, tinggi punggungnya 70 cm dengan berat berkisar 50 – 65 kg. Bulu beruang madu cenderung pendek, berkilau dan pada umumnya hitam, matanya berwarna cokelat atau biru,selain ituhidungnya relatif lebar tetapi tidak terlalu moncong..Jenis bulu beruang madu adalah yang paling pendek dan halus dibandingkan beruang lainnya, berwarna hitam kelam atau hitam kecoklatan, di bawah bulu lehernya terdapat tanda yang unik berwarna oranye yang dipercaya menggambarkan matahari terbit. Berbeda dengan beruang madu dewasa, bayi beruang madu yang baru lahir memiliki bulu yang lebih lembut, tipis dan bersinar. Karena hidupnya di pepohonan maka telapak kaki beruang ini tidak berbulu sehingga ia dapat bergerak dengan kecepatan hingga 48 kilometer per jam dan memiliki tenagayang sangat kuat. Kepala beruang madu relatif besar sehingga menyerupai anjing yakni memiliki telinga kecil dan berbentuk bundar. Beruang jenis ini memiliki lidah yang sangat panjang dan dapat dipanjangkan sesuai dengan kondisi alam untuk menyarikan madu dari sarang lebah di pepohonan. Selain itu, lidah yang panjangnya dapat melebihi 25 cm itu juga digunakan untuk menangkap serangga kecil di batang pohon. Beruang madu memiliki penciuaman yang sangat tajam dan memiliki kuku yang panjang di keempat lengannya yang digunakan untuk mempermudah mencari makanan. Beruang madu lebih sering berjalan dengan empat kaki, dan sangat jarang berjalan dengan dua kaki sepertimanusia. Lengan beruang jenis ini cukup lebar dan memiliki kuku melengkung serta berlubang yang memudahkannya memanjat pohon. Kuku tangan yang melengkung digunakan oleh beruang ini untuk menggali rayap, semut dan saranglebahdan beruang yang sedang mencari madu akan segera menghancurkan kayu yang masih hidup dan segar dan bahkan berusaha untuk menggaruk pohon yang kayunya keras.[Rahang beruang madu tidak proporsional karena terlalu besar sehingga tidak dapat memecahkan buah-buah besar seperti kelapa. Gigi beruang ini lebih datar dan merata dibandingkan dengan jenis beruang lain, gigi taringnya cukup panjang sehingga menonjol keluar dari mulut. Ukuran tulang tengkorak kepala beruang madu pada umunya memiliki panjang tengkorak 264,5 mm, panjang condylobasal241,3 mm, lebar zygomatic 214,6 mm, lebar mastoid 170,2 mm, lebar interorbital 70,5 mm, lebar maxilla 76,2 mm.
Beruang madu hidup di hutan-hutan primer, hutan sekunder dan sering juga di lahan-lahan pertanian, mereka biasanya berada di pohon pada ketinggian 2 - 7 meter dari tanah, dan suka mematahkan cabang-cabang pohon atau membuatnya melengkung untuk membuat sarang.[Habitat beruang madu terdapat di daerah hujan tropis Asia Tenggara. Penyebarannya terdapat di pulau Borneo,Sumatera,Indocina, Cina Selatan,Burma, serta Semenanjung malaya.[ Oleh karena itulah jenis ini tidak memerlukan masa hibernasi seperti beruang lain yang tinggal di wilayah empat musim. Beruang madu di masa lalu diketahui tersebar hampir di seluruh benua Asia, namun sekarang menjadi semakin jarang akibat kehilangan dan fragmentasi habitat.

Melursus
(Melursus ursinus)atau sloth bear, juga dikenal sebagai beruang Stickneyatau beruang labiated, adalah nokturnal pemakan serangga beruang spesies yang ditemukan liar di dalam benua India . Kemalasan beruang berevolusi dari nenek moyang beruang coklat selama Pleistosen dan saham fitur ditemukan di pemakan serangga mamalia melalui evolusi konvergen . Populasi terisolasi di Sri Lanka dianggap sebagai subspesies. Tidak seperti beruang coklat dan hitam, beruang kemalasan memiliki lankier membangun, panjang, mantel berbulu yang membentuk surai sekitar wajah, panjang, cakar berbentuk sabit, dan khusus diadaptasi bibir bawah dan langit-langit yang digunakan untuk menghisap serangga.Beruang kemalasan berkembang biak selama musim semi dan awal musim panas dan melahirkan di dekat awal musim dingin. Mereka memakan rayap, koloni lebah madu, dan buah-buahan. Beruang kemalasan kadang-kadang menyerang manusia yang mengganggu pada mereka wilayah . Secara historis, manusia telah secara drastis mengurangi habitat mereka dan berkurang populasi mereka dengan berburu mereka untuk makanan dan produk-produk seperti mereka bacula dan cakar.Beruang ini telah digunakan sebagai hewan peliharaan melakukan karena sifat yg dpt dikekang mereka.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar