Hiu (Shark)

Ikan Hiu adalah dari superordo Selachimorpha di subclass Ikan bertulang rawan, di kelas Chondrichthyes . Ikan bertulang rawan juga mencakup Chondrichthyes dan juga mencakup Chimaeras. Hiu diyakini pertama kali muncul di lautan 440 juta tahun yang lalu.
Hiu tersebar di 512 species dijelaskan dalam delapan grup. Hiu atau Shark, adalah binatang predator menakutkan yang hidup di lautan. Nama hiu kerap menjadi suatu kabar menakutkan bagi setiap orang yang berada di laut.
Berikut kita akan membahas sedikit tentang beberapa species hiu.

Hiu Banteng (Bull Shark) (Carcharhinus leucas)

Hiu Banteng atau Bullshark (Carcharhinus leucas), juga dikenal sebagai hiu Zambezi atau, tidak resmi, seperti Hiu Zambia di Afrika dan hiu Nikaragua di Nikaragua , adalah hiu requiem umum ditemukan di seluruh dunia dalam perairan dangkal yang hangat sepanjang pantai dan sungai. Hiu banteng dikenal sifatnya agresif, kecenderungan untuk air dangkal hangat, dan kehadiran di payau dan air tawar sistem termasuk muara dan sungai.
Hiu banteng dapat berkembang baik air asin dan air tawar dan dapat melakukan perjalanan jauh di sungai. Mereka bahkan telah dikenal untuk melakukan perjalanan sejauh up sebagai Sungai Mississippi di Illinois, meskipun ada beberapa yang tercatat air tawar interaksi manusia-hiu. Mereka mungkin bertanggung jawab untuk sebagian besar dekat pantai serangan hiu, termasuk banyak gigitan dikaitkan dengan spesies lain.
Berbeda dengan hiu sungai dari genus Glyphis , hiu banteng bukan hiu air tawar yang benar, meskipun mereka mampu bertahan hidup di habitat air tawar.

Hiu Harimau (Tiger Shark) (Galeocerdo Cuvier)
Hiu Harimau merupakan satu dari hiu terbesar, dan satu-satunya anggota genus Galeocerdo. Hiu dewasa memiliki panjang tubuh berkisar antara 3,25 m hingga 4,25 m, dan berbobot 385 kg hingga 635 kg. Hiu ini banyak ditemukan di samudera tropis dan hangat, terutama di sekitar pulau di tengah Pasifik. Hiu harimau adalah pemburu soliter, dan berburu di malam hari.
Hiu harimau adalah predator berbahaya, karena memakan banyak benda. Makanannya biasanya ikan, singa laut, burung, hiu kecil, cumi-cumi dan penyu. Terkadang juga ditemukan barang buatan manusia seperti ban, atau plat mobil.
Hiu harimau adalah penyerang kedua terfatal setelah great white shark, dan, bersama dengan great white shark, dianggap sebagai hiu paling berbahaya bagi manusia.

Pacific sleeper Shark (Somniosus pacificus)
The Pacific sleeper Shark, Somniosus pacificus, adalah hiu dari keluarga Somniosidae, ditemukan circumglobally di rak kontinental dan lereng di beriklim perairan antara garis lintang 70° N dan 22° N , dari permukaan ke 2.773 meter (9.098. Panjangnya sampai 4,4 m, meskipun FishBase menerima bahwa itu mungkin bisa mencapai panjang lebih dari 7 m, Somniosus pacificus, adalah hiu tidur dari keluarga Somniosidae, ditemukan circumglobally di rak kontinental dan lereng di beriklim perairan antara garis lintang 70° N dan 22° N , dari permukaan ke 2.773 meter.  Panjangnya sampai 4,4 m, meskipun FishBase menerima bahwa itu mungkin bisa mencapai panjang lebih dari 7 m .


White Shark (Carcharodon carcharias)
Hiu putih , juga dikenal sebagai putih besar (Great White Shark), pointer putih, hiu putih, atau kematian putih, adalah spesies besarlamniform hiu yang dapat ditemukan di perairan permukaan pantai semua lautan besar. Hiu putih besar terutama dikenal untuk ukurannya, dengan individu dewasa tumbuh hingga 6,4 m (21 kaki) panjang (meskipun laporan telah dipublikasikan hiu putih besar berukuran lebih dari 8 m (26 kaki),  dan 3.324 kg (£ 7328) berat). hiu ini mencapai nya jatuh tempo sekitar 15 tahun dan sebelumnya diyakini memiliki rentang hidup lebih dari 30 tahun. Umur sebenarnya dari hiu putih besar adalah jauh lebih lama; sekarang diperkirakan selama 70 tahun atau lebih, sehingga salah satu ikan bertulang rawan terpanjang hidup saat ini dikenal.  Pria hiu putih besar mengambil 26 tahun untuk mencapai kematangan seksual, sedangkan wanita mengambil 33 tahun untuk siap memproduksi keturunan.  hiu putih besar dapat mempercepat ke lebih dari 56 km / h (35 mph).

Basking Shark (Cetorhinus maximus)
Hiu Basking adalah hidup terbesar kedua ikan , setelah hiu paus , dan salah satu dari tiga pemakan plankton hiu selain hiu paus dan hiu bermulut besar . Ini adalah kosmopolitan migrasi spesies , ditemukan di semua lautan beriklim di dunia. Ini adalah yang bergerak lambat filter feeder dan memiliki adaptasi anatomi untuk makan filter, seperti mulut sangat membesar dan sangat berkembang insang alat penyapu . Moncongnya adalah kerucut dan celah insang memperpanjang sekitar bagian atas dan bawah kepalanya. Insang alat penyapu, gelap dan bulu-seperti, yang digunakan untuk menangkap plankton sebagai filter air melalui mulut dan melalui insang. Hiu basking biasanya coklat keabu-abuan, dengan kulit berbintik-bintik. The ekor (tail) sirip memiliki keel lateral yang kuat dan bentuk sabit. Gigi hiu basking sangat kecil dan banyak, dan sering nomor seratus per baris.Gigi memiliki titik puncak kerucut tunggal, melengkung ke belakang, dan yang sama pada kedua rahang atas dan bawah. Dewasa biasanya mencapai 6-8 m  panjangnya.

Hiu Paus, Whale Shark (Rhincodon typus)
The whale shark (Rhincodon typus) adalah yang bergerak lambat penyaring makan hiu dan dikenal terbesar yang masih ada ikan spesies . Individu dikonfirmasi terbesar memiliki panjang 12,65 m (41.50 kaki) dan berat sekitar 21,5 metrik ton (47.000 lb), dan laporan yang belum dikonfirmasi hiu paus jauh lebih besar ada. Klaim individu lebih dari 14 m (46 kaki) panjang dan berat setidaknya 30 metrik ton (66.000 £) yang tidak biasa. Hiu paus memiliki banyak catatan untuk ukuran tipis dalam kerajaan hewan, terutama yang jauh terbesar hidup vertebrata non mammalian. Ini adalah satu-satunya anggota dari genus Rhincodon dan keluarga, Rhincodontidae (disebut Rhiniodon dan Rhinodontidae sebelum 1984), yang termasuk subclass Ikan bertulang rawan di kelas Chondrichthyes . Spesies berasal sekitar 60 juta tahun yang lalu.

Bahama sawshark (Pristiophorus schroederi)
Bahama sawshark (Pristiophorus schroederi) milik keluarga Pristiophoridae. Berbeda dengan Asia "congener" nya (yang ilmuwan-berbicara untuk anggota dari genus yang sama) bahwa baru-baru ini menampilkan sawshark Jepang Pasifik yang tinggal (P. japonicus) - spesies ini hidup di Samudra Atlantik yang juga dikenal sebagai Sawshark Amerika.


Blacktip Reef Shark (Carcharhinus melanopterus)
The Blacktip Reef Shark ditemukan di perairan hangat, perairan dangkal dekat terumbu karang di Indo-Pasifik dan Laut Mediterania dengan kedalaman hingga 80 meter (262 kaki). Ini adalah ikan tropis dan subtropis. Ini sebagian besar ditemukan di Atlantik dan Samudra Hindia dan Pasifik Barat dan Timur. Suhu air yang mereka sukai adalah dari 15C ke 24C (59F untuk 75F), sehingga sebagian besar waktu mereka tinggal di perairan dangkal dan dekat permukaan, dengan kedalaman maksimum 70 meter (229 kaki).

Blue Shark (Prionace glauca)
Blue Shark adalah salah satu yang paling indah dari semua hiu. Sayangnya, itu juga salah satu yang paling atas hiu memancing di dunia. Juga dikenal sebagai Prionace glauca, mereka mudah untuk mengidentifikasi karena ramping, torpedo berbentuk angka khusus mereka.Berenang mereka sangat elegan dan mereka dikenal sebagai perenang indah.Mereka mencapai hingga 4 meter (13 kaki) dan berat hingga 205 kilogram.

Bluegray CarpetShark (Brachaelurus colcloughi)
Pantai timur laut Australia adalah rumah bagi ini bottom-penghuni kecil dan jarang, dikenal sebagai Brachaelurus colcloughi. Ini adalah contoh utama dari biasa, spesies yang kurang dikenal yang mudah dilupakan ketika datang ke hiu konservasi. Namun makhluk samar hanya sebagai penting untuk ekosistem laut sebagai besar, hiu mencolok yang meraih semua perhatian.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar